iklan atas

Mitos Atau Fakta, Angin Nitrogen Baik Untuk Ban Kendaraan?



Mitos Atau Fakta, Angin Nitrogen Baik Untuk Ban Kendaraan?

Pada Umumnya ban kendaraan bermotor diisi oksigen dari mesin kompresor. tapi saat ini kita juga mendapat pilihan lain untuk mengisi angin ban motor, yakni dengan menggunakan nitrogen

Mari kita bandingkan kualitas angin nitrogen dengan angin oksigen yang berasal dari kompresor

Melansir laman suzuki.co.id, angin nitrogen disebut lebih bagus dibandingkan angin oksigen. Sebab, angin nitrogen tidak mudah keluar dari karet ban. Tidak seperti gas oksigen yang mudah keluar dari ban.

Oksigen diketahui punya pori-pori lebih kecil ketimbang pori-pori karet ban. Sehingga jika dibiarkan saja selama seminggu misalnya, oksigen akan keluar perlahan dari ban.

Nitrogen juga bisa membuat temperatur ban tetap terjaga. Contohnya, kendaraan yang dipacu di kecepatan tinggi, dengan ban yang berisi nitrogen, temperatur ban tidak mudah naik suhunya. 

Cukup berbahaya saat suhu ban cepat panas. Sebab karet akan menjadi empuk, menjadi lebih cepat tergesek lalu lapisan di dalam bisa terpisah, sehingga akan menjadi lebih cepat rusak.

Nitrogen yang saat ini bisa mudah didapat dari bengkel atau di SPBU umumnya punya kadar oksigen juga, walaupun tidak banyak. Meski mengandung oksigen, gas nitrogen lebih baik karena tidak mudah keluar dari ban. Jadi tingkat kebocoran menjadi lebih rendah dan ban akan lebih aman digunakan.

5 Komentar untuk "Mitos Atau Fakta, Angin Nitrogen Baik Untuk Ban Kendaraan?"

  1. memang bener gan, saya sendiri sudah mencobanya dan emang joos buat ban

    BalasHapus
  2. Kata teman saya nitrogen bagus gan buat ban ,karena katanya bisa memperpanjang masa pakai ban ketimbang menggunakan angin biasa

    BalasHapus
  3. Pakai nitrogen ban menjadi ringan.
    Mantapp artikelnya

    BalasHapus
  4. memang lebih mantap pakai nitrogen

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel